Home / Peristiwa / 3 Orang Miskin yang Sukses Kandaskan Stereotype Miskin Dilarang Berprestasi

3 Orang Miskin yang Sukses Kandaskan Stereotype Miskin Dilarang Berprestasi

3 Orang Miskin yang Sukses Kandaskan Stereotype Miskin Dilarang Berprestasi
3 Orang Miskin yang Sukses Kandaskan Stereotype Miskin Dilarang Berprestasi

Tidak semua orang beruntung untuk dapat lahir dari keluarga yang berada atau berkecukupan. Banyak yang mulai sejak bayi harus hidup dalam segala keterbatasan karena orang tuanya bukan dari golongan mampu atau juga sejak kecil sudah menjadi yatim piatu miskin.

Akan tetapi, ternyata ada juga yang berani bangkit dan memperjuangkan hidupnya. Karena mereka percaya bahwa himpitan ekonomi bukan hal yang membuat seseorang harus rela melepaskan impiannya atau tidak dapat meraih gelar tinggi seperti layaknya orang lain pada umumnya.

Dengan segala kerja keras, keuletan dan perjuangan gigih tanpa mengenal lelah, semua keterbatasan dan halangan dapat terlewati. Hal itulah yang dialami oleh beberapa orang yang sukses dengan background ekonomi bawah. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

I Made Regeg

I Made Regeg

I Made Regeg adalah seorang yang lahir dari keluarga miskin dan berhasil mencapai tingkat pendidikan tinggi, Doktor. Made Regeg merupakan anak dari (almarhum) I Nyoman Telaga dan (almarhumah) Ni Nengah Nuada yang mana sejak kecil tidak pernah merasakan segala hal enak seperti yang dirasakan anak-anak lain sebayanya.

Hidup dan tinggal di Desa Tianyar Barat, Kecamatan kubu, tepatnya di kawasan pegunungan Banjar Muntigunung, Made Regeg setiap hari harus menjadi gelandangan dan pengemis di Singaraja. Untuk bisa makan, dia harus makan gaplek dan ketela rambat. Jika tidak memiliki bahan makanan, maka dia harus meminta-minta dari rumah ke rumah.

Kerja keras dan tekadnya untuk keluar dari garis kemiskinan membuatnya berhasil menyelesaikan sekolahnya (SD, SMP dan PGSD). Kemudian Made Regeg juga berhasil menjadi guru SD yang kemudian mampu menyelesaikan kuliah S1, S2 dan S3-nya dari tahun 1998 sampai 2004.

BACA JUGA  Dosen gokil sudah sering kita jumpai, kalau dosen yang hot? Lihat ini kumpulan fotonya

Jusman

Jusman

Terlahir dari keluarga yang kurang mampu, tentu saja segala keterbatasan sudah menjadi hal biasa yang dialami sehari-hari Jusman. Bahkan untuk menyelesaikan sekolah dasar umumnya saja, Jusman harus pontang-panting mencari dana. Untung saja, kemudian tingkatan sekolah dasar umum berhasil dilaluinya dengan sukses.

Setelah tamat SMA, dia kemudian melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sayangnya, karena memang orang tuanya bukan dari golongan mampu, maka sembari kuliah, ketika ada waktu luang, dia menjajakan koran di jalanan mulai hari Jumat sampai Minggu. Kerja kerasnya tersebut berhasil terbayar lunas ketika dia dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude karena hanya membutuhkan waktu 3 tahun saja untuk menyelesaikannya.

Sophy Ron

Sophy Ron
Sophy Ron

Kali ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Kamboja di mana ada seorang gadis yang keluar sebagai lulusan terbaik di Trinity College atau sekolah setara SMA dan kemudian berhasil diterima menjadi mahasiswi di University of Melbourne, Australia bernama Sophy Ron. Gadis cantik ini ternyata tidak seperti gadis-gadis atau calon mahasiswi di University of Melbourne lainnya. Sophy merupakan mantan pemulung.

Sophy Ron
Sophy Ron

Ya, dia sejak dari kecil tidak pernah mengenyam pendidikan sama sekali karena orang tuanya tidak mampu membiayainya ke sekolah. Akhirnya dia harus menjadi pemulung cilik dan bergelut dengan sampah setiap harinya di TPS yang ada di Phnom Penh sampai berusia 11 tahun. Untung tidak dapat dihindari karena Sophy akhirnya berhasil mengenyam pendidikan setelah mendapatkan bantuan dari Cambodian Children’s Fund (CCF).

Kesempatan bersekolah dan mengenyam pendidikan tersebut tidak disia-siakan begitu saja, Sophy dengan giat menuntut ilmu. Usaha keras memang tidak pernah mengkhianati hasil, kini Sophy dengan Bahasa Inggrisnya yang sangat lancar, mampu berpidato di hadapan teman-temannya di Trinity College dan melangkah ke pendidikan yang lebih tinggi.

About indry

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *