Home / Kuliner / 10 Fakta Unik Bahan Makanan yang Jarang di Ketahui Banyak Orang

10 Fakta Unik Bahan Makanan yang Jarang di Ketahui Banyak Orang

10 Fakta Unik Bahan Makanan yang Jarang di Ketahui Banyak Orang. Siapa sangka jika wortel sebenarnya berwarna ungu dan selai kacang bisa berubah menjadi berlian. 10 bahan makanan ini memiliki fakta unik yang jarang diketahui banyak orang.

Ada fakta unik dan menarik di balik makanan yang sering Anda makan. Mulai dari selai kacang yang bisa diubah menjadi berlian hingga kentang yang bisa menyerap dan memantulkan sinyal WiFi. Berikut adalah fakta unik tentang 10 makanan yang jarang diketahui oleh banyak orang:

  • Selai kacang adalah berlian

Fakta unik bahan makanan yang pertama adalah selai kacang. Para ilmuwan di Bayerisches Geoinstitut, Jerman mengungkapkan bahwa selai kacang yang kaya karbon dapat diubah menjadi berlian. caranya yaitu dengan mengekstraksi oksigen dari karbon dioksida yang ditemukan dalam distribusi kacang dan kemudian memberikan tekanan kuat pada karbon yang tertinggal.

  • Kentang menyerap dan memantulkan sinyal WiFi

Fakta unik selanjutnya yaitu bahan makanan yang tidak asing didapur Anda, yaitu kentang. Ketika Boeing menguji sinyal nirkabel mereka di pesawat baru pada 2012, mereka menempatkan tumpukan kentang raksasa di kursi. Alasannya adalah tingginya kandungan air dan komposisi kimia yang ada dalam kentang dapat menyerap dan memantulkan sinyal radio dan nirkabel.

  • Suku Aztek menjadikan kakao sebagai mata uang

Suku Aztec di Meksiko sangat mencintai cokelat. Menurut Organisasi Kakao Internasional, mereka menggunakan biji kakao sebagai mata uang. Penduduk Aztec bahkan dapat menggunakan kakao untuk membayar pajak. Wow, ini merupakan fakta unik bahan makanan yang sangat tidak Anda duga bukan?

  • Wortel sebenarnya berwarna ungu

Menurut National Carrot Museum, Inggris pada awalnya wortel berwarna ungu atau putih dengan akar tipis. Wortel oranye yang sering Anda makan sebenarnya adalah hasil dari mutasi genetik yang dilakukan pada akhir abad ke-16.

  • Anggur bisa meledak jika dimasak dalam microwave

Bola api plasma eksplosif akan dibuat jika Anda memanaskan buah anggur yang terbelah dua dalam microwave. Para ilmuwan mengemukakan bahwa fenomena ini terjadi karena microwave menggunakan radiasi gelombang mikro untuk menghasilkan panas.

  • Saus tomat pernah digunakan sebagai obat

Pada awal 1800-an, tomat dipercaya efektif mengatasi beberapa penyakit. Pada tahun 1830-an, seorang dokter di Ohio mengklaim bahwa tomat dapat mengobati diare dan gangguan pencernaan. Dia menerbitkan resep saus tomat yang diubah menjadi pil.

  • Keju parut dan sereal yang mengandung serbuk kayu

Fakta unik bahan makanan yang satu ini juga tak kalah mengejutkan lho! Selulosa atau serbuk gergaji yang lazim digunakan sebagai media tumbuh jamur, ternyata juga sering digunakan dalam berbagai produk dan sereal keju parut. Bahan ini digunakan untuk mencegah kedua produk menggumpal.

  • Creamer kopi mengandung titanium dioksida

Titanium dioksida adalah aditif makanan yang sering ditemukan di berbagai produk makanan. Seperti creamer kopi, gula es dan gula bubuk. Bahan ini juga sering digunakan untuk membuat kulit tampak putih cerah dan hadir dalam cat, tabir surya, dan deterjen.

  • Cokelat putih bukan cokelat

Meski menyandang nama cokelat, sebenarnya cokelat putih tidak mengandung komponen cokelat asli. Menurut Bon Appetit, makanan manis dibuat dari campuran gula, susu, vanilla, lesitin dan cocoa butter. Dengan kata lain, cokelat putih dibuat tanpa cokelat padat.

  • Salmon ternak diwarnai merah muda

Salmon liar berwarna merah muda alami karena mereka sering memakan udang. Sedangkan salmon yang dibudidayakan sebenarnya berwarna putih. Untuk menghasilkan warna yang sama dengan salmon liar, petani salmon menambahkan karotenoid (pigmen tanaman) ke pakan ikan.

BACA JUGA  Jarang Orang Tahu, Ini 5 Fakta Unik Pohon Natal!

Bagaimana, apakah fakta unik bahan makanan diatas sudah pernah Anda ketahui sebelumnya? Nomer 4 adalah info yang paling tidak disangka- sangka. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat!